Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tools untuk Cek SEO Online Murah, Gratis, Terbaik

filmfestivalturcodiroma.orgSEO sangat berkaitan dengan analisis serta optimasi website. Search Engine Optimization atau SEO adalah suatu cara yang digunakan untuk meningkatkan kualitas serta kuantitas traffic pada suatu website sehingga website dapat muncul pada peringkat atas di pencarian Google. Dalam artikel kali ini SEOMEDIA akan berbagi beberapa tools yang dapat digunakan untuk cek SEO online.



Menjalankan suatu strategi seperti optimasi memang menjadi hal paling penting untuk Anda para pemilik website, apalagi jika Anda harus mengelolanya sendiri. Untuk mengoptimasi website Anda dapat menggunakan dua cara yaitu secara on-page dan off-page. Namun, bagi Anda yang tidak memiliki cukup waktu untuk mengelola website sendiri, Anda dapat mempercayakan kepada jasa SEO SEOMEDIA.

Beberapa Tools untuk Menganalisis Website

1. SEMrush

Tool yang digunakan untuk mengecek SEO ini dirilis pada tahun 2008, tool ini dapat Anda manfaatkan untuk mengoptimasi website. Terkait apa yang perlu Anda lakukan untuk melakukan pengecekan SEO, tool ini dapat memberikan Anda panduan dari dashboard. Dengan menggunakan tool ini, Anda dapat mengetahui apa yang kurang dari website milik Anda serta bagaimana cara untuk mengoptimasinya.

Fitur analisis yang dimiliki SEMrush cukup lengkap, seperti fitur audit website serta tracking keyword yang dapat Anda manfaatkan untuk menentukan keyword yang sesuai untuk Anda gunakan pada website, khususnya blog. Anda dapat memanfaatkan percobaan gratis dari SEMrush selama 7 hari.

2. Google Webmaster Tools

Webmaster google tools adalah sebuah software yang gampang digunakan serta dapat menampilkan garis besar dari proses pencarian google. Anda juga dapat mengetes apakah konten dari suatu situs cukup relevan dengan keyword pada hasil pencarian.

Dengan menggunakan google webmaster Anda dapat menganalisis suatu konten hanya dengan menggunakan URL. Kemudian Anda akan segera melihat hasilnya apakah konten tersebut telah memenuhi standar SEO google atau belum. Pada setiap minggunya Anda akan mendapatkan kuota penggunaan hingga 500 kali.

3. Check My Links

External dan internal link yang terdapat pada suatu artikel dapat menjadi penanda apakah website tersebut berkualitas atau tidak. Check my link akan membantu Anda untuk memastikan setiap link yang terdapat pada sebuah artikel masih aktif atau tidak, untuk link yang masih aktif akan berwarna hijau, sedangkan untuk link yang sudah tidak aktif akan berwarna merah.

4. Moz Pro Tools

Bagi Anda yang berlangganan Moz Pro Tools, Anda akan mendapatkan informasi secara rutin mengenai rekomendasi software yang dapat Anda manfaatkan untuk membuat performa website meningkat. Moz Pro Tools ini mempunyai beberapa pilihan pencarian yang akan membantu Anda dalam mengoptimalkan SEO pada konten di website atau blog. 

Selain itu, terdapat juga pencarian untuk membuat trafik website meningkatkan dan dapat menganalisis konten yang memiliki kualitasnya di bawah standar.

5. SEO Report Card

SEO report card adalah suatu tool yang berfungsi untuk membandingkan website. Selain itu, Anda bisa menambahkan beberapa informasi, karena SEO Report Card bisa menampilkan beberapa informasi penting yang berkaitan dengan rank analysis, link building, on-site analysis, website accessibility, trust metrics, dan current indexing.

6. HubSpot’s Website Grader

HubSpot merilis suatu tool pada tahun 2007 untuk dapat menganalisis penggunaan SEO dan relevansi SEO pada keseluruhan website yang bernama Website Grader. Pada versi terbarunya, HubSpot membuat Website Grader yang dapat digunakan sebagai tool SEO, dalam tool ini sistem laporan yang digunakan lebih personal. 

Laporan tersebut nantinya dijadikan sebagai dasar pada metrik kunci seperti performance, mobile readiness, SEO, dan Security. Apabila website Anda setelah dicek mempunyai nilai di atas 67%,  itu berarti menurut HubSpot website Anda mempunyai kualitas di atas rata-rata.

7. SEO SiteCheckup

Selain nilai SEO website milik Anda yang ditampilkan, hanya dengan memasukkan link, maka SEO SiteCheckup  juga dapat memberikan informasi terkait bagaimana Anda bisa meningkatkan kualitas website. 

Setelah itu, SEO SiteCheckup juga akan memberikan hasil analisis pada website, mulai dari keyword dan heading yang digunakan, tingkat keamanan, kelengkapan informasi dari website, bahkan simulasi terkait tampilan website saat dibuka melalui smartphone, hingga penghitungan jumlah kata kunci utama yang sering digunakan.

Dari ke 7 tool di atas, Anda bisa mencoba untuk menggunakannya untuk melakukan cek SEO online. Dari beberapa tools tersebut memang dapat digunakan secara gratis, namun, untuk mendapatkan performa yang lebih bagus.


Posting Komentar untuk "Tools untuk Cek SEO Online Murah, Gratis, Terbaik"